Tuhan Memberikan Solusi Bagi Orang Yang Gagal

Ringkasan Khotbah Pdt. Abraham S. Nenobais
Minggu, 30 April 2017

Ayat Utama : (Yohanes 21:6-14)

Petrus adalah seorang ahli dalam menangkap ikan, tetapi ketika itu ia gagal. Ia tidak menangkap apa-apa (ayat 3). Namun demikian pada saat hari siang Yesus datang kepada mereka tanpa diminta (ayat 4). Yesus tahu pencobaan/ persoalan kita masing-masing, bila kita percaya kepadaNya maka Ia akan datang kepada kita.

Dalam ayat 5, Yesus bertanya kepada murid-muridNya apakah mereka mempunyai lauk pauk? Yesus tahu mereka tidak mendapatkan apa-apa, tetapi Ia bertanya karena Ia ingin melihat ketulusan hati murid-muridNya.

Yesus menyuruh mereka menebarkan jala ke kanan (ayat 6). Jangan kita menyelesaikan persoalan berdasarkan pengalaman kita, tetapi lakukanlah Firman Tuhan. Firman Tuhan berkuasa sebab bagi Tuhan selalu ada jalan keluar. Kerjakanlah segala sesuatu dengan keperkasaan Allah (Mazmur 118:15, 16).

Ketika Petrus mendengar bahwa itu adalah Tuhan yang datang kepada mereka, maka ia menyambut Yesus karena ia telah mengalami pengalaman-pengalaman yang indah bersama Yesus. Petrus memiliki kesaksian tentang Yesus. Ketika melihat Petrus berhasil mendapatkan ikan karena Yesus, maka murid-murid lain pun datang (ayat 8). Ketika kita memiliki pengalaman-pengalaman yang hidup dengan Yesus, maka kita pun harus menjadi kesaksian bagi orang lain.

Ketika mereka tiba di darat maka murid-murid tersebut melihat api arang dan diatasnya ikan dan roti (ayat 9). Yesus menyediakan segala sesuatu bagi mereka, ketika mereka bersamaNya. Bersama Yesus kita akan mendapatkan perhatian dariNya. Ia ingin memberkati kita, tetapi kita harus peka dalam mendengar suara Tuhan (ayat 10).

Ketika Petrus dan murid-murid lain berhasil mendapatkan banyak ikan, jala mereka tidak koyak (ayat 11). Jala menggambarkan usaha atau pekerjaan kita. Hal ini berbeda dengan apa yang dituliskan dalam Lukas 5:6. Murid-murid berhasil menangkap ikan, tetapi jala mereka koyak (Lukas 5:6). Kenapa jala tersebut koyak? Karena tidak ada keperkasaan Tuhan disitu, tetapi dalam Yohanes 21 disana ada kekuasaan Tuhan.

Tuhan menyediakan segala sesuatunya ketika kita setia kepadaNya (ayat 12). Bila kita berhasil melayani Tuhan, maka Ia akan melayani kita, setialah terus dalam melayani Tuhan.

Leave a Reply