Seri Mengikut Kristus 21-21

Bacaan firman TUHAN,

Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.

  • 1 Petrus 2:21

(baca ayat 18 sampai dengan 25).

Renungan “MENGIKUT KRISTUS SERI-21 (terakhir)”. Kata kunci ayat ini adalah KRISTUS telah menderita untuk kita, sebab itu kita dipanggil untuk mengikuti teladan dan jejak-Nya. Nah, mengikuti teladan dan jejak KRISTUS dengan penuh komitmen dan sepenuh hati, tentu kita punya NILAI TAMBAH di mata TUHAN, karena:

  1. Kita menjadi lebih peka mendengar suara-Nya dan siap melakukan. – Yesaya 6: 8, Lalu aku

mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!”

  • Kita dapat memberikan  waktu terbaik (quality time) untuk berelasi erat kepada BAPA, sehingga kita dapat mengenal hati dan perasaan-Nya serta dapat beribadah secara pribadi

dan  bersama keluarga.  Yosua 24: 15, Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!”

  • Dengan kekuatan Roh Kudus, kita dapat mengubah akal budi, sehingga kita dianggap tidak

bercacat dan dapat menjadi saksi serta dapat berbuah tetap bagi KRISTUS. – Roma 12: 2, Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

  • Kita dimampukan untuk sangkal diri dan pikul salib, serta dapat turut menderita bersama-

NYA untuk bertanggung jawab dalam pemberitaan Injil KRISTUS dan memenangkan jiwa. – 1 Petrus 2: 19-20, Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung. Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah.  

  • Kita dimampukan untuk dapat melepaskan hak-hak hidup kita, untuk melayani TUHAN dan sesama. Kita harus bangga telah dipilih sebagai pengikut KRISTUS, untuk menerima hidup

kekal bersama BAPA. Perhatikan firman TUHAN berikut :

Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

–           Yohanes 12: 26

Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.

–           1 Petrus 4: 10

Sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-Nya.

      –           Ulangan 7: 6

Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih.”

–           Matius 22: 14

Dan sekiranya Tuhan tidak mempersingkat waktunya, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan yang telah dipilih-Nya, Tuhan mempersingkat waktunya.

      –           Markus 13: 20

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

–           Roma 8:9

Be strong and Immanuel. Together with Holy Spirit we can do more things and God’s way is still the best  way, then our way. TUHAN YESUS memberkati.

Sumarsono

KPJ GPdI Barito

Dibawah Penggembalaan:

Bpk. Albert N. Kuniawan

Sumber:

  1. Pimpinan Roh Kudus.
  2. Alkitab God’s Word, cetakan 1 tahun 2014.
  3. Study Bible, cetakan tahun 2014.
  4. Alkitab, diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia, cetakan tahun 2012.

Leave a Reply