Seri Mengikut Kristus 20-21

Bacaan firman TUHAN,

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

  • Filipi 4:8

(baca ayat 2 sampai dengan 9).

Renungan “MENGIKUT KRISTUS SERI-20“. Paulus dalam penjara mengajak jemaat Filipi, untuk mendapatkan sukacita sejati yang berasal dari KRISTUS YESUS, baik dalam melayani, dalam mempercayai dan dalam memberi. Bagi kita sukacita tertinggipun hanya berasal dari KRISTUS

Yesus yang tinggal diam dalam diri kita (1 Korintus 3:16; 6:19-20). Perhatikan firman TUHAN berikut :

Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

  • 1 Korintus 3:16

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

  • 1 Korintus 6:19-20

Oleh sebab itu hendaklah dalam hidup kita menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga

dalam Kristus Yesus (Filipi 2:5) – Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

untuk memikirkan perkara yang diatas, bukan di bumi (Kolose 3:2), – Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

yaitu hal-hal sebagai berikut:

  1. Kita harus baik hati: bijaksana, berpikiran adil, murah hati kepada sesama, tidak ada balas dendam, bukan provokator.
  2. Kita harus dapat mengubah segala kekuatiran dan ketakutan menjadi pengharapan lewat DOA.- Filipi 4: 6, Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
  • Kita  pikirkan dan praktekan semua yang benar, mulia, adil, suci, manis dan sedap, kebajikan

dan layak dipuji dengan penuh ketaatan Allah (baca  bacaan firman TUHAN diatas).

Kalau saat ini pikiran-psikis kita terganggu beban hidup karena rumitnya persoalan dunia, lantas kita tidak dapat memikirkan samasekali tentang yang benar, yang mulai, yang adil dan seterusnya, berdoalah dan reset segera pikiran kita kepada standar Allah dengan firman Tuhan.

Perhatikan firman TUHAN berikut:

Ulangan 31: 6, Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Mazmur 42:5, Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

Mazmur 71: 5, Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya ALLAH.

Amsal 23: 18, Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

Yesaya 41: 10, janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Be strong and Immanuel. Together with Holy Spirit we can do more things and God’s way is still the best  way, then our way. TUHAN YESUS memberkati.

Sumarsono

KPJ GPdI Barito

Dibawah Penggembalaan:

Bpk. Albert N. Kuniawan

Sumber:

  1. Pimpinan Roh Kudus.
  2. Alkitab God’s Word, cetakan 1 tahun 2014.
  3. Study Bible, cetakan tahun 2014.

Alkitab, diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia, cetakan tahun 2012.

Leave a Reply