Seri Mengikut Kristus 19-21

Bacaan firman TUHAN,

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

  • Filipi 2:8

(baca ayat 5 sampai dengan 11).

Renungan “MENGIKUT KRISTUS SERI-19“. YESUS kembali memberi teladan agar kita dapat MERENDAHKAN DIRI dan TAAT kepada BAPA dengan cara rela melepaskan hak-hak kita untuk kemuliaan nama-Nya. Seorang manusia YESUS yang tidak berdosa mau merendahkan diri-Nya dan taat kepada BAPA, rela mati di kayu salib untuk menebus dosa kita orang-orang yang berdosa, agar tidak binasa, tetapi beroleh hidup kekal. IA dihukum disalib seperti penjahat besar yang berdosa dan terkutuk (Galatia 3:13), penyaliban yang sangat menyakitkan, menyiksa dan

tidak bermartabat. Perhatikan firman TUHAN berikut:

Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

  • Galatia 3:13

Bicara tentang merendahkan diri dan taat di zaman now, sangatlah langka, apalagi soal melepaskan hak-hak pribadi. Mayoritas orang masih suka menggunakan hak pribadinya: untuk menghamburkan uang dan hartanya, untuk egois, sombong, memanjakan panca indranya dan lain-lain. Tetapi bagi kita pengikut KRISTUS, harus bisa melepas hak-hak kita untuk melayani TUHAN dan sesama. Kita harus  belajar hidup sebagaimana KRISTUS hidup, dapat melayani walaupun tidak mendapatkan upah (1 Korintus 9:17-19), rendah hati, menundukkan diri, rela

berkorban, penuh kasih dan lain-lain. Perhatikan firman TUHAN berikut :

Kalau andaikata aku melakukannya menurut kehendakku sendiri, memang aku berhak menerima upah. Tetapi karena aku melakukannya bukan menurut kehendakku sendiri, pemberitaan itu adalah tugas penyelenggaraan yang ditanggungkan kepadaku. Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah ini: bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa upah, dan bahwa aku tidak mempergunakan hakku sebagai pemberita Injil. Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak mungkin orang.

  • 1 Korintus 9:17-19

Be strong and Immanuel. Together with Holy Spirit we can do more things and God’s way is still the best  way, then our way. TUHAN YESUS memberkati.

Sumarsono

KPJ GPdI Barito

Dibawah Penggembalaan:

Bpk. Albert N. Kuniawan

Sumber:

  1. Pimpinan Roh Kudus.
  2. Alkitab God’s Word, cetakan 1 tahun 2014.
  3. Study Bible, cetakan tahun 2014.
  4. Alkitab, diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia, cetakan tahun 2012.

Leave a Reply