Seri Mengikut Kristus 18-21

Bacaan firman TUHAN,

Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.

  • 2 Korintus 8:9

(baca ayat 1 sampai dengan 12).

Renungan “MENGIKUT KRISTUS SERI-18“. Ayat ini tentang YESUS memberi teladan agar kita dapat MERENDAHKAN DIRI, yaitu:

  1. KRISTUS rela menjadi “Miskin” ketika IA menjadi manusia, karena IA melepaskan Kemuliaan-Nya, hak-hak-Nya sebagai ALLAH dan menjadi manusia (Yohanes 1:1-14; Roma 1:2-5; Ibrani

2:14). Perhatikan firman TUHAN berikut :

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya. Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

  • Yohanes 1:1-14

Injil itu telah dijanjikan-Nya sebelumnya dengan perantaraan nabi-nabi-Nya dalam kitab-kitab suci, tentang Anak-Nya, yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita. Dengan perantaraan-Nya kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa, supaya mereka percaya dan taat kepada nama-Nya.

  • Roma 1:2-5

Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;

  • Ibrani 2:14
  • IA miskin agar kita menjadi “Kaya” dalam buah Roh, keselamatan dan hidup kekal.
  • IA tunduk dan taat kepada BAPA untuk mengambil rupa seorang hamba dan mati di   salib. Perhatikan firman TUHAN berikut :

Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

  • Filipi 2:5-11
  • Kemanusiaan YESUS tanpa berdosa, dimana perkataan dan perbuatan-Nya mencerminkan karakter ALLAH. Oleh sebab itu Paulus berpesan kepada orang-orang Korintus yang serba unggul dalam: keuangan, iman yang teguh, sebagai pembicara bertalenta, berpengetahuan super, penuh kasih dan roh yang antusias, agar:
  • Mereka harus penuh pengabdian kepada KRISTUS dan tidak meremehkan segala pengorbanan YESUS.
  • Mereka harus juga unggul dalam rela memberi, berkorban dalam pelayanan kasih, merendahkan hati.  Mari kita teladani dan ikuti karakter KRISTUS yang penuh

pengorbanan.- 2 Korintus 8: 5, Mereka memberikan lebih banyak dari pada yang kami harapkan. Mereka memberikan diri mereka, pertama-tama kepada Allah, kemudian oleh karena kehendak Allah juga kepada kami.

Be strong and Immanuel. Together with Holy Spirit we can do more things and God’s way is still the best  way, then our way. TUHAN YESUS memberkati.

Sumarsono

KPJ GPdI Barito

Dibawah Penggembalaan:

Bpk. Albert N. Kuniawan

Sumber:

  1. Pimpinan Roh Kudus.
  2. Alkitab God’s Word, cetakan 1 tahun 2014.
  3. Study Bible, cetakan tahun 2014.
  4. Alkitab, diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia, cetakan tahun 2012.

Leave a Reply