Seri Mengikut Kristus 16-21

Bacaan firman TUHAN,

Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.

  • 1 Korintus 1:8

(baca ayat 4 sampai dengan 9).

Renungan “MENGIKUT KRISTUS SERI-16“. Jemaat Korintus telah memiliki seluruh karunia rohani, dingatkan Paulus untuk TETAP BERSYUKUR kepada ALLAH dan dalam satu tubuh Kristus tidak boleh ada perpecahan diantara mereka, tetapi harus bersatu MEMULIAKAN ALLAH. Didalam ayat diatas, Paulus juga berpesan kepada kita sebagai orang-orang percaya, bahwa:

  1. Semakin DALAM dan SETIA mengikut KRISTUS, selain kita punya IMAN YANG TEGUH, kita juga dituntut untuk hidup TAK BERCACAT sampai pada YESUS KRITUS datang kali kedua.
  2. Bahwa ALLAH menganggap, orang-orang percaya yag SETIA mengikut kepada-Nya, DIJAMIN “TAK BERCACAT” ketika YESUS kembali, luar biasa ALLAH kita.
  3. ALLAH telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita KUDUS TAK BERCACAT dihadapan-Nya (Efesus 1:3-11). Perhatikan firman TUHAN berikut:

Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya, supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya. Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian. Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mempersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi. Aku katakan “di dalam Kristus”, karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan–kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya—

  • Efesus 1:3-11
  • Oleh karena kematian dan kebangkitan-Nya, maka kita yang BERDOSA diKUDUSKAN, di anggap “TAK BERCACAT”(Ibrani 9:28; 1 Tesalonika 3:13), perhatikan firman TUHAN berikut:

demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

  • Ibrani 9:28

Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya.

  • 1 Tesalonika 3:13

 dan kita yang TIDAK BENAR akan DIBENARKAN oleh IMAN PERCAYA kepada Allah dan melakukan firman-Nya (Roma 5:1; Habakuk 2:4; Roma 2:13; Galatia 3:11). Perhatikan firman TUHAN berikut :

Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.

  •  Roma 5:1

Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya.

  • Habakuk 2:4

Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.

  • Roma 2:13

Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: “Orang yang benar akan hidup oleh iman.”

  • Galatia 3:11

Yuk teruslah kita bersatu untuk BERSAKSI bagi kemuliaan Nama-Nya.

Be strong and Immanuel. Together with Holy Spirit we can do more things and God’s way is still the best  way, then our way. TUHAN YESUS memberkati.

Sumarsono

KPJ GPdI Barito

Dibawah Penggembalaan:

Bpk. Albert N. Kuniawan

Sumber:

  1. Pimpinan Roh Kudus.
  2. Alkitab God’s Word, cetakan 1 tahun 2014.
  3. Study Bible, cetakan tahun 2014.

Alkitab, diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia, cetakan tahun 2012.

Leave a Reply