Rahasia Menerima Berkat Tuhan

Ringkasan Khotbah Pdt. Abraham S. Nenobais
Minggu, 30 April 2017

Ayat Utama : (Ulangan 28:1-2)

Kita adalah makhluk yang paling mulia di mata Tuhan. Untuk itu kita tidak perlu takut dalam apapun juga karena segala sesuatu telah disiapkan oleh Tuhan bagi kita. Dia Allah kita yang besar.

Untuk menikmati segala berkat Tuhan maka kita harus melakukan apa yang Tuhan sampaikan dalam Ulangan 28:1-2 :

  1. Baik-baik mendengar suara Tuhan
  2. Setia melakukan Firman Tuhan

Bila kita melakukan kedua hal tersebut diatas maka Tuhan akan memerintahkan berkat atas kita di dalam segala usaha kita (ayat 8). Silahkan kita bekerja, tetapi kuncinya adalah baik-baik mendengar suara Tuhan dan setia melakukan Firman Tuhan.

Dalam Mazmur 112:1-3 dikatakan: Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan, yang sangat suka kepada segala perintahNya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya. Kita tidak perlu kuatir, peganglah janji Firman Tuhan.

Janganlah kita katakan bahwa kekuasaan dan kekuatan tangan kita yang membuat kita memperoleh segala berkat (Ulangan 8:17-18). Semua hanya oleh anugrah dan kemurahan Tuhan. Tetap akui kedahsyatan Tuhan dalam hidup kita.

I Samuel 2:7 mengatakan bahwa Tuhan yang membuat miskin dan membuat kaya. Kalau kita mendengarkan Firman Tuhan dengan baik dan melakukannya dengan setia, maka Tuhan yang memberkati kita. Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya (Amsal 10:22), untuk itu kita mau memuliakan Tuhan selalu. Raja Daud memuji Tuhan dan mengaku bahwa Tuhanlah yang empunya segala sesuatunya. Kekayaan dan kemuliaan berasal dari padaNya (I Tawarikh 29:11-12).

Ketika murid-murid Yesus kesulitan mendapatkan ikan, Yesus menyuruh mereka menebarkan jala ke sebelah kanan (Yohanes 21:6). Ada kalanya kita diperhadapkan dengan masalah, tetapi Tuhan tidak pernah membiarkan umatNya. Di sebelah kanan murid-murid sebenarnya kosong tidak ada ikan, tetapi perkataan Yesus yang membaawa murid-murid mendapatkan ikan. Lakukanlah Firman dengan setia dan selalu suka mendengar Firman Tuhan maka anak cucu kita akan diberkati oleh Tuhan.

Leave a Reply