Prajurit Tuhan

UNTUK KALANGAN SENDIRI No. 038- 27 Oktober 2019
WARTA JEMAAT BARITO GEREJA PANTEKOSTA DI INDONESIA
JEMAAT BARITO
Prajurit Tuhan Paulus memperhatikan seorang prajurit dan seluruh perlengkapannya (Efesus 6: 10-18).
Sebagai prajurit Tuhan kita harus mempunyai 4 (empat) kriteria umum:
1. Memiliki Keberanian. Kita harus memiliki keberanian sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban (2 Timotius 1: 7). Roh yang ada didalam kita, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia (I Yohanes 4:4). Daud yang masih muda dan bukan seorang tentara, tetapi Daud tidak takut ketika harus menghadapi Goliat. Daud percaya Roh Tuhan yang ada didalamnya lebih besar sehingga ia tidak melihat fisik Goliat dan berani melawan Goliat.
Jangan takut sebab Tuhan menyertai kita, Dia memegang kita dengan tanganNya. Ketika Gideon melawan tentara Midian dengan 300 orang saja, mereka berani melawan bangsa Midian karena Tuhan beserta dengan mereka. Janji Allah diperuntukkan bagi kita, ada 360 janji Allah dalam alkitab yang mengatakan “jangan takut”
Memiliki Kedisiplinan. Kata murid dalam bahasa Inggris adalah “disciple yang berasal dari kata disiplin. Disiplin artinya patuh, taat kepada peraturan tata tertib. Allah tidka menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera (I Korintus 14 33). Segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur (I Korintus 14: 40). Sebagai prajurit Tuhan kita harus memiliki kedisiplinan.
B. Memiliki Semangat. Prajurit harus memiliki semangat pantang menyerah/pantang mundur. Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya (Amsal 18: 14).
Memiliki Senjata. Roma 13 14 mengatakan kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata perang. Prajurit harus memiliki senjata, ada 7 (tujuh) senjata yang harus dimiliki orang percaya.
Efesus 6: 14-18). 5 (lima) senjata digunakan untuk defense (pertahanan) dan 2 (dua) senjata digunakan untuk menyerang yaitu Firman Allah (pedang Roh) dan doa dengan kuasa Roh Kudus. Sebagai prajurit Tuhan kita mengenakan pedang Roh yaitu Firman Tuhan dan berdoa atau menyembah didalam Roh). Sebagai seorang prajurit Tuhan, biarlah kita mempunyai 4 (empat) kriteria tersebut diatas yaitu memiliki keberanian, kedisiplinan, semangat dan senjata Allah maka kita akan mampu senantiasa bertahan dalam pengiringan kita akan Tuhan dan mengatasi segala masalah yang dating dalam hdup kita.
Ringkasan Khotbah Pdt. Yessy Tololiu-Minggu, 20 Oktober 2019

Leave a Reply