Menghadapi Raksasa dalam Hidup Kita

No. 014 7April 2019 WARTA JEMAAT BARITO GEREJA PANTEKOSTA DI INDONESIA JEMAAT BARITO
Ada 2 tokoh yang kita lihat dalam I Samuel 17: 50 yaitu Goliat yang mampu mempengaruhi orang-orang sekitarnya dan Daud yang mampu memberikan perubahan bagi orang-orang di sekitarnya. Sangat penting peran orang percaya bagi orang orang di sekitarnya.
Sebelumnya yang terjadi Saul dan pasukannya mengalami ketakutan menghadapi Goliat. Goliat adalah seorang yang besar (raksasa). Kehadiran seorang raksasa ini mempengaruhi bangsa Israel sehingga mereka menjadi ketakutan dan kehilangan semangat, padahal bangsa Israel sudah mengalami banyak pertolongan Tuhan. Goliat-Goliat yang kita hadapi sekarang ini adalah ketakutan/kekuatiran/kecemasan / sakit penyakit /iri hati, dsb. Hal- hal tersebut dapat membuat kita menjadi seperti Saul dan pasukannya.
Mengapa ada raksasa raksasa tersebut dalam hidup kita? Apa tujuan dan maksud Tuhan dengan kehadiran raksasa dalam kehidupan kita?
1. Untuk menunjukkan siapa diri kita sesungguhnya kehadiran raksasa-raksasa tersebut adalah untuk menunjukkan kemurnian iman kita, sehingga kita memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diriNya (I Petrus 1:7)
2. Raksasa adalah alat untuk membawa kita kepada kesempatan yang lebih besar Ketika Daud bertemu dengan Goliat, itu adalah satu kesempatan yang membawanya menjadi raja yang besar. Raksasa apapun yang hadir dalam hidup kita, bukan membuat kita hancur, tetapi membawa kita mendapat kesempatan yang lebih besar sehingga kita dapat menjadi seorang pemenang.
3. Untuk mencapai hal yang besar, kita harus menghadapi hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Belajarlah bersyukur untuk perkara- perkara kecil Bagaimana supaya kita menjadi pemenang? 1. Lebih banyak mendengar suara Tuhan, bukan lawan-lawan kita Saul menjadi cemas/takut karena perkataan Goliat (I Samuel 17: 10-11). Goliat juga mengeluarkan perkataan kepada Daud, tetapi Daud menjadi pemenang karena ia tidak mau mendengar perkataan Goliat, tetapi Daud memilih mendengar suara Tuhan (Kisah Para Rasul 2: 25) memberikan kemenangan Bawa hidup kita terus melekat kepada Tuhan, la selalu menyertai kita.
2. Kemenangan Daud didapatinya karena ia selalu memandang kepada Tuhan,apapun persoalan kita, pandang saja terus kepada Tuhan.
3. Daud percaya ada pribadi yang menyertainya ( I Samuel 17:45). Hadirnya raksasa-raksasa dalam hidup kita karena Tuhan mempunyai maksud dan tujuan yang besar bagi kita yaitu untuk menunjukkan siapa diri kita sesungguhnya, membawa kita pada kesempatan yang lebih besar untuk menjadi pemenang dam mengucap syukur untuk perkara-perkara kecil Ayub berkata dalam Ayub 42:1 “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencona-Mu yang gagal. Untuk menjadi seorang pemenang, kita harus lebih mendengar suara Tuhan, memandang kepada Tuhan dan hidup melekat terus kepada Tuhan
– Ringkasan Khotbah Pdt. Hendrik A. Layuk – Minggu, 31 Maret 2019

Leave a Reply