MENGENAL TUHAN (Seri-05)

Dear all,                              

Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku dengan segenap hatinya.

Yeremia 24:7

Renungan “MENGENAL TUHAN SERI-05”. Dalam ayat ini, PERTOBATAN dengan segenap HATI merupakan syarat utama untuk menerima hati yang mau MENGENAL TUHAN lebih ERAT untuk berelasi dengan Tuhan. Sehingga Ia akan menjadi Tuhan Allah seumur hidup kita.

Pembuangan Israel ke Babel adalah HUKUMAN ALLAH bagi mereka yang KERAS hati, yang tidak mau bertobat. Tujuan Allah melakukan ini sebenarnya baik, agar mereka yang dikasihi-Nya dapat bertobat, lalu menjadi umat-Nya yang baru dengan hati baru dan setia kepada Allah.

Dalam hal ini mereka bebas memilih:

  1. Mereka yang tetap di Mesir, bagaikan buah ara yang busuk, yang selama hidup mereka tidak alami kemurahan Tuhan. Mereka jelas menolak didikan Allah untuk dimurnikan IMAN mereka dan mereka lebih memilih tetap sebagai orang berdosa dan terhukum, demi ZONA nyaman jasmani mereka.
  2. Allah akan membawa orang-orang Yehuda kembali ke Yerusalem bersama Tuhan untuk:
  3. Bersekutu dengan-Nya dan dididik agar bertobat, kemudian Allah akan memberi HATI yang baru, sehingga mereka akan semakin SETIA kepada Tuhan.
  4. Bagi kita jangan pernah coba-coba berontak dan menolak didikan Allah (Amsal 3:11), walau Ia telah memberikan kesempatan bagi kita untuk bertobat, tetapi jangan main-main dengan dosa.

Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya

Amsal 3:11

Be strong and Immanuel. Together with Holy Spirit we do more things and God’s way is still the best  way, then our way.

Tuhan Yesus Memberkati.

Sumarsono
KPJ GPdI Barito

Dibawah penggembalaan:
Bpk. Pendeta Albert N. Kuniawan

Sumber:

  1. Pimpinan Roh Kudus.
  2. Alkitab God’s Word, cetakan 1 tahun 2014.
  3. Study Bible, cetakan tahun 2014.
  4. Alkitab, diterbitkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia, cetakan tahun 2012.

Leave a Reply