KENAIKAN YESUS KRISTUS

No. 021 2 Juni 2019 WARTA JEMAAT BARITO
GEREJA PANTEKOSTA DI INDONESIA JEMAAT BARITO
KENAIKAN YESUS KRISTUS
5 ( lima ) hal tentang Kenaikan Yesus Kristus ( Kisah Para Rasul 1: 9-11):
1. Murid-murid melihat Yesus naik ke surga. Yesus adalah empunya surga dan berasal dari surga. Dia mempunyai kuasa untuk turun dari surga, Dia yang empunya hidup dan mati, berarti Dia adalah Tuhan, tidak ada allah lain yang dapat meiakukannya ( Yohanes 3: 13).
Yesus datang dari Allah , datang ke dalam dunia, la meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa (Yohanes 16:27). Yesus Kristus adalah Tuhan ( Filipi 2: 9-11).
2. Ketika Yesus terangkat ke surga, awan menutup-Nya dari pandangan murid-murid (ayat 9), Kenaikan Yesus harus membuat kita semakin yakin akan Dia, tetapi seringkali pandangan kita ditutupi oleh “awan” antara lain awan kesulitan ekonomi, awan sakit penyakit, dll sehingga kuasa Tuhan tidak bekerja atas kita. Jangan kita melihat “awan”, yakinlah la adalah “Imannuel yang selalu menyertai kita. Segala sesuatu yang terjadi di hidup kita tetaplah tabah dan percaya, sekalipun kita tidak melihat (2 Korintus 5: 6-7).
Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya (Yohanes 20: 26 29). Ketika Yesus datang kedua kalinya, la akan mencari iman. Gereja yang sempurna adalah gereja yang dapat mempertahankan iman sampai akhir
3. Yesus naik ke surga, tetapi la memberikan kita Roh Penghibur bagi kita yaitu Roh Kudus (Yohanes 16 7 8). Roh Kudus adalah Penolong bagi kita, la menyertai kita dan diam di dalam kita ( Yohanes 14: 16-20).
4. Kita menerima kuasa Roh Kudus untuk kita menjadi saksi ( Kisah Para Rasul 1:8-9). Kita dimerdekakan dari dosa, setelah kita menjadi hamba Allah, kita memperoleh buah yang membawa kita kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal (Roma 6:22). membimbing kita dari kebenaran pada kebenaran, supaya setelah kita ada dalam Roh Kudus yang diberikan bagi kita akan kebenaran, kita berbuah-buah dan satu saat kita akan mewarisi kerajaan surga.
5. Kenaikan Yesus agar kita dapat mewarisi Kerajaan Surga (Roma 6: 23, Ibrani 9 27-28, Yohanes 14: 1-3). Tuhan kita tidak membiarkan kita sendiri, la akan menjemput kita kembali. Semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus, Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya dan diberikan kemuliaan sorgawi ( 1 Korintus 15: 23, 41-42).
Dengan kenaikan Yesus, la membuktikan bahwa Dialah Tuhan sang empunya surga dan untuk itu kita tetap percaya bahwa la berkuasa menolong kita sekalipun ada awan Yesus pun tidak meninggalkan kita sendirian, tetapi Dia memberikan kepada kita Roh Penolong yaitu Roh Kudus yang akan membimbing kita dari kebenaran pada kebenaran agar kita berbuah-buah, menjadi saksi dan akhirnya kita mewarisi Kerajaan Surga.
Ringkasan Khotbah Bp. Pdt. Albert N. Kurniawan-Ibadah Kenaikan Tuhan Yesus,
30 Mei 2019

Leave a Reply